Bagaimana butir-butir soal akan diberikan dalam Asesmen Nasional ?
Asesmen Nasional mencakup Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter dab survei lingkungan dengan sasaran sample dari murid kelas V, VII dan XI, guru dan kepala sekolah. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang mencakup asesmen kompetensi mendasar, yaitu literasi membaca dan asesmen kompetensi numerasi.
Kompetensi Literasi meliputi memahami, menggunakan, mengevaluasi dan merefleksikan isi teks informasi dan fiksi. sedangkan kompetensi Numerasi mencakup Memahami, Mengaplikasikan dan menalar konsep-konsep yang berkaitan dengan angka-angka dalam kehidupan sehari-hari.
Bentuk Soal dari Asesmen Nasional
Bentuk soal Asesmen Nasional AKM, terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.
- Pilihan ganda, siswa hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
- Pilihan ganda kompleks, siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu
- Menjodohkan, siswa menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
- Isian singkat, siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
- Uraian, siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.
Murid kelas V akan mengerjakan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan 36 butir soal untuk mengukur kompetensi numerasi.
AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa itu sendiri. AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya. Oleh karena itu seluruh siswa akan mendapat soal yang mengukur kompetensi yang sama. Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan tercermin dalam ragam stimulus soal-soal AKM.
AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud menyediakan contoh soal AKM pada laman: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm

