Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
Program pendidikan Guru Penggerak merupakan serangkaian kegiatan pendidkan yang dilaksanakan untuk membentuk guru-guru yang mampu membuat dan menggerakan komunitas belajar yang ada disekolah untuk mewujudkan merdeka belajar dan mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak kepada murid di sekolah guna membentuk profil pelajar pancasila.
Pada modul 3.1 calon guru penggerak mempelajari konsep pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. sebagaimana kita sadari bahwa guru merupakan pemimpin pembelajaran bagi setiap murid-muridnya didalam kelas. tetntunya sebagai seorang guru akan menemukan berbagai kondisi dan situasi yang mengharuskan guru tersebut untuk mengambil keputusan yang akan diimplemtasikan dalam sebuah tidakan untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran.
Sebagai manusia tentunya guru juga memiliki keterbatasan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dimana keterbatasan tersebut akan membatasi segala tindakannya terutama ketika dihadapkan kepada sebuah dilema etika (Dilema antara Benar vs Benar). Dilema Etika merupakan sebuah dilema yang dihadapkan antara dua hal yang berlawanan namun kedua hal tersebut merupakan hal-hal yang benar.
Pada modul ini dipelajari tentang 4 jenis paradigma dilema etika, tiga prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian pemnngambilan keputusan.
Sebagai seorang pemimpin pembelajaran ketika saya dihadapkan dalam sebuah dilema etika hendanya saya harus mengetahui terlebih dahulu jenis dilema apa yang saya hadapi dengan berpedoman pada empat paradigma yang dipelajari saya akan menganalisis paradigma apa yang sedang dihapi. sehingga saya dapat mempertimbangakan opsi-opsi keputusan yang akan di ambil beserta dampaknya berdasarkan pada 3 jenis prisip dalam pengambilan keputusan dan melakukan 9 langkah pengujian keputusan untuk melakukan penilaian apakah keputusan yang diambil sudah tepat atau belum. tentunya hal ini dapat dilakukan sendiri maupun dengan dukungan orang-orang yang terlibat didalamnya sehingga opsi yang ada akan menjadi lebih beragam.
Bagaimana penerapan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? kita sebagai guru (Pemimpin pembelajaran) setiap kali dihadapkan dengan dilema etika tentunya dalam pengambilan keputusan harus melewati pengujian terhadap keputusan dengan mempertimbangkan dampak dan resiko yang akan terjadi jika kepetusuna tersebut di ambil. baik dilema dengan Kolega, Lingkungan maupun murid-murid kita di kelas. dan ini harus dilakuakn dengan cepat namun tidak mengabaikan 9 tahapan pengujiandan pengambilan keputusan serta mempertimbangkan prinsip-prinsip dalam pengambilan keputusan.
